Jumat, 18 November 2011

5 Musisi Blues Tuna Netra

Blues, tidak hanya sebuah musik, tetapi juga kebebasan, kecintaan, kebencian, dan pengkhianatan sebagaimana selalu terdengar dalam lirik-liriknya. Karena itu, sebagian orang mengatakan blues adalah musik kelas menengah ke bawah sekaligus akar semua musik popular di dunia. Dan satu yang unik, musisi yang memiliki kekurangan fisik pun memiliki tempat istimewa dalam sejarah musik blues. Berikut adalah musisi blues tuna netra yang teristimewa:
1. Blind Lemon Jefferson
Jefferson (1904-1929) memiliki julukan yang sangat terhormat, “The Father Of The Texas Blues”.  Terlahir dalam dalam keadaan tuna netra, anak bungsu dari tujuh bersaudara. Ia adalah penulis lagu petualang sejati. Ia yang menginspirasi seorang bocah delapan tahun, Lighnin’ Hopkins untuk memain musik blues pada tahun 1917. Jefferson memiliki suara yang unik dan berkarakter, dengan sebuah struktur accord dan melodi yang kompleks keluar melalui petikan dan kocokan gitarnya, jauh berbeda dengan musik blues pada umumnya. Ia meninggal sebelum berusia 40 tahun.
Blind Lemon Jefferson

2. Blind Blake
Terlahir dengan nama Arthur Blake (1907-1930)  dan ada yang menyebutkan Arthur Phelps. Blind Blake dikenal dengan permainan  gitar blues ala Piedmont, yang mengombinasikan gaya ragtime, jazz dan beberapa unsur musik pertunjukan sirkus. Blake merekam karyanya di bawah naungan label Paramount, menghasilkan 81 lagu solo dan merilis piringan hitam selama tahun 1926 hingga 1932. Kemudian ia menghilang tanpa diketahui oleh publik, tanggal kematiannya pun tidak jelas. Beberapa mengatakan ia tewas akibat tertabrak sebuah mobil di jalanan Kota New York, namun ada pula yang mengatakannya dibunuh.

Blind Blake
3. Blind Willie Johnson
Ketika semasa kecil, Johnson (1902-1947), tersiram sebuah larutan kimia yang terlempar secara tidak sengaja oleh ibu tirinya. Johnson kemudian menjadi penyanyi jalanan yang menyuarakan cinta melalui lirik-liriknya terlebih kepada Tuhan-nya. Ia menggunakan pisau lipat untuk menggantikan bottleneck, permainan slide gitar juga ciri khasnya dan merupakan salah satu gaya gitar slide blues terbaik. Beberapa lagunya yang sukses dan dikenal oleh publik diantaranya “Dark Was The Night, Cold was The Ground” yakni lagu blues pertama yang terdengar dan ditembakan melalui satelit ke angkasa pada tahun 1977 melalui Voyager 1.
Blind Willie Johnson
4. Blind Joe Reynolds
Ia memiliki nama asli Joe Shepard (1906-1968). Ia menjadi seorang tuna netra akibat terkena percikan api sebuah peluru yang ditembakan melalui senapan berkaliber besar, itu terjadi di Lousiana akhir 1920an. Meskipun tuna netra, tidak menjadikannya miskin prestasi dan penghargaan dari lingkungan sekitarnya. Terbukti ia memiliki sebuah permainan slide gitar yang tidak bisa dipandang sebelah mata, ia juga diceritakan memiliki akurasi tinggi dalam menggunakan pistol, ia dapat mengetahui posisi targetnya melali media suara yang didengarnya. Ia juga dikenal sebagai pembicara yang baik dan flamboyant, ia selalu menggunakan musiknya sebagai media mengeluarkan pendapatnya kepada publik.
Blind Joe Reynolds
5. Sonny Terry
Memiliki nama asli  Saunders Terrel (1911-1986).  Setelah mengalami beberapa kali kecelakaan di sebuah ladang, ia akhirnya mengalamai kebutaan untuk selama hidupnya saat berusia 16 tahun. Harmonika ada adalah instrumen yang selalu setia mengiringiya sepanjang hari. Suara teriakan dan raungan selalu terdengar dan sangat khas dari gayanya meniup harmonica, sehingga menjadikannya sebagai pemain harmonika terkenal. Ia kemudian dikenal atas kolaborasi yang dilakukannya bersama Brownie McGhee (partner dalam bermusiknya selama lebih dari 40tahun). Terry adalah seorang musisi harmonica yang pernah bekerja sama dengan Blind Boy Fuller, Lightnin’ Hopkins, Woody Guthrie, Revenord Gary Davis dan Leadbelly.(**)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar