Jumat, 18 November 2011

Stevie Ray Vaughan


inilah seorang gitaris legendaris yg beraliran blues dari negara Amerika Serikat, banyak orang mengenal dirinya dengan nama SRV. ialah salah satu dewanya blues.
stevie ray vaughan lahir pada 3 Oktober 1954 dan wafat pada 27 Agustus 1990, dalam kecelakaan helikopter di kota Wisconsin dalam perjalanan ke Chicago, crew Eric Clapton juga meninggal pada kecelakaan itu.
pada akhir 1970an stevie ray vaughan membentuk sebuah band bernama Double Trouble bersama drummer Chris Layton dan bassis Jackie Newhouse yg lalu digantikan oleh Tommy Shannon pada tahun 1981.
ia pernah bekerja sama dengan david bowie dan berduet pada album "Let's Dance" yang berjudul "Let's Dance".
permainan blues stevie ray vaughan sangat dipengaruhi oleh seorang Albert King yg dijuluki "Godfather" oleh Stevie.
gaya permainan gitar dan sound stevie ray vaughan sangat punya ciri khas tersendiri, Stevie selalu menonjolkan permainan lead dengan simultan rythm.sehingga pada tahun 2003 majalah rolling stone pernah menobatkan stevie ray vaughan pada peringkat ke 7 dalam daftar 100 gitaris terbaik sepanjang masa.
dan pada tahun 2007 majalah Classic Rock menobatkan dirinya pada peringkat 3 dalam daftar 100 wildest guitar heroes.

meskipun ia telah wafat pada umur yg masih bisa dibilang muda 35 tahun, tapi jiwa stevie ray masih terus hidup, ia mewariskan musik yg khas hingga masa kini.
banyak sekali musisi dunia yg hingga saat ini masih terinspirasi dari seorang stevie ray vaughan, diantaranya adalah John Mayer yg sering sekali meng cover lagu stevie ray vaughan dan pernah berkesempatan bermain bersama band stevie ray vaughan yaitu Double Trouble
ada juga satu event tribute to stevie ray tahun 1995 yg dipenuhi oleh musisi-musisi handal seperti B.B. King, Eric Clapton, Art Neville, Jimmie Vaughan dkk.begitu juga pada event guitar that rule the world, seorang gitaris bernama Albert Collins mempersembahkan sebuah lagu khusus untuk stevie ray vaughan yg berjudul Blues for Stevie.
Pada tahun 1991, gubernur Texas Ann Richards menyatakan tanggal 3 Oktober, ulang tahun vaughan, sebagai "Hari Stevie Ray Vaughan".
hampir setiap tahun sering dirayakan dengan makan gulali, makanan favorit Stevie. Lalu dirayakan juga dengan nge jam lagu blues oleh musisi-musisi terpilih, salah satunya dari negara kita sendiri yaitu rama satria claproth yg pernah diundang oleh Jimmie Vaughan (saudara laki-laki stevie).
saya juga jadi ingat pada satu kesempatan, steve vai, joe satriani, dan eric johnson pun pernah berkerjama dengan stevie ray vaughan membawakan lagu jimmy hendrix yang berjudul little wings.
saya sampai merem melek menikmatinya, membayangkan bila saya diberi kesempatan untuk melihat mereka live.
saya jamin bila anda mendengarkan salah satu lagu stevie ray vaughan, anda akan lebih menikmati hidup anda 10x lipat daripada biasanya. (tapi maaf saya tidak bertaruh)
saya merekomendasikan satu album stevie ray vaughan and double trouble yang couldn't stand the weather, di album itu juga terdapat lagu jimmy hendrix voodoo child yang dirubah oleh stevie ray menjadi voodoo chile (slight return).

dan bila memang anda tergila-gila oleh blues, saya juga merekomendasikan sebuah film yg menceritakan seorang anak muda yg berjuang untuk menjadi bluesman, film itu berjudul crossroad yg diperankan oleh Ralph Macchio (yg juga main di film karate kid). stevie ray vaughan dan steve vai lah yg mengisi suara-suara gitar di film itu, dan hebatnya di film itu anda juga bisa lihat steve vai kalah ber adu gitar oleh bocah yg dulunya belajar karate sama mr.miyagi (bukan mr.miyabi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar